.

Batik Air mulai Terbang 3 Mei 2013



JAKARTA (BP) – Lion Air Group tiada henti membuat gebrakan di dunia penerbangan nasional maupun internasional. Terbaru, maskapai milik pengusaha Rusdi Kirana ini mendirikan maskapai layanan penuh (full service) bernama Batik Air, yang akan menjadi pesaing langsung Garuda Indonesia.

”Hari ini kami meluncurkan Batik Air yang direncanakan akan terbang perdana pada 3 Mei 2013. Batik Air adalah maskapai premium yang akan membanggakan industri penerbangan nasional. Kami bangga menggunakan nama Batik Air, yang merupakan ciri khas Indonesia. Semangat dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia ini yang akan membawa Merah Putih ke berbagai belahan dunia,” ujar Presiden Direktur Lion Air, Rusdi Kirana disela peluncuran Batik Air kemarin malam (25/4).

Direktur Umum Lion Air Edward Sirait mengatakan pihaknya ingin memberikan penerbangan layanan penuh (full service) tetapi dengan harga yang lebih murah daripada maskapai full service yang telah ada saat ini.
”Batik Air adalah maskapai full services dengan harga yang lebih kompetitif, mengedepankan layanan prima dan ketepatan waktu,” ujarnya.
Menurut dia, kehadiran Batik Air bukan menjadi pesaing bagi maskapai Garuda Indonesia, namun untuk menjadi pelengkap mengingat pertumbuhan penumpang udara yang sangat tinggi mencapai 20 persen per tahun.
”Kita hanya melengkapi dan sebagai alternatif pilihan saja buat penumpang, karena sekarang ini permintaan tinggi dan penumpang semakin berharap layanan prima,” kata dia.
Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tinggi, lanjutnya, telah membuat golongan penumpang yang tadinya hanya mampu naik penerbangan bertarif rendah (low cost carrier/LCC) akhirnya beralih ke full services. Sebaliknya, masyarakat kelas bawah yang meningkat pendapatannya semakin mampu membeli tiket pesawat.
”Yang biasanya tidak pernah naik pesawat, akhirnya naik kelas LCC,” sambungnya

Penerbangan perdana Batik Air akan dilakukan pada 3 Mei 2013 dengan rute Jakarta-Manado dua kali sehari. Setelah itu menyusul dibuka rute selanjutnya, Jakarta-Balikpapan dua kali sehari, Jakarta-Ambon sekali sehari dan Jakarta-Pekanbaru sekali sehari.

”Kedepan akan terus dicari rute-rute baru potensial yang cocok untuk penerbangan full service,” katanya

Direktur Utama Batik Air, Achmad Luthfie mengatakan hingga akhir 2013, pihaknya akan mengoperasikan enam pesawat yang seluruhnya Boeing 737-900ER. Pada bulan ini dioperasikan dua pesawat B 737-900ER, lalu bulan depan didatangkan lagi dua B737-900ER dan selanjutnya akan datang dua lagi. Sampai akhir tahun 2014 ditargetkan bisa mengoperasikan 20 pesawat.
”Tahun ini enam pesawat B737-900ER siap beroperasi untuk Batik Air,” ungkapnya

Dengan menggunakan Boeing 737-900ER, Batik Air menyediakan 160 kursi di kelas ekonomi dan 12 kursi di kelas bisnis. Pesawat pertama tiba di Indonesia pada 17 April 2013 setelah terbang dari Pabrik Boeing di Seattle Amerika Serikat tanggal 16 April 2013 lalu. Batik Air juga telah memperoleh Air Operator Certificate (AOC) atau sertifikat izin operasi dari Kementerian Perhubungan.
Dia menambahkan pada penerbangan perdana, Batik Air memilih rute penerbangan agak jauh, yakni Jakarta-Manado agar penumpang dapat merasakan layanan kursi yang lebih luas dan menikmati makanan yang disediakan. Batik Air akan terbang dari terminal III Bandara Soekarno-Hatta. ”Pada tahun pertama, load factor ditargetkan 90 persen, bisa dengan memberi tarif promo,” tegasnya (jpnn)


Sumber: Batam Pos

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.